RSS

Bagaimana Cara Mengukur Denyut Nadi ?

14 Apr

Disini saya akan mencoba Memberikan Jawan untuk pertanyaan di atas !!!

 

Denyut nadi adalah perubahan tiba-tiba dari tekanan jantung yang dirambatkan sebagai gelombang pada dinding pembuluh darah. Denyut nadi merupakan suatu denyut yang dihasilkan pompa jantung untuk mengalirkan darah dan masuk dalam arteri.

Jumlah denyut nadi istirahat orang sehat 70 – 80x /menit. Perhitungan denyut nadi istirahat sebaiknya dilakukan pagi hari sebelum kita malakukan aktivitas fisik apapun.

Ada 4 cara mengetahui dan menghitung denyut nadi yaitu :

1. Radial Pulse Rate

2. Cartoid Pulse Rate

3. Stethoscope Heart Rate

4. Pulsa Meter

Alat :

1. Stopwatcth / Jam tangan

2. Stethoscope

Langkah – Langkah :

Didalam tulisan ini saya hanya menuliskan 3 langkah-langkah untuk mengetahui dan menghitung denyut nadi yaitu :

1. Radial Pulse Rate

Sentuh dengan menggunakan ujung jari telunjuk dan jari tengah Arteri Radialis kearah distal dibagian ujung Radius ( di daerah pergelangan tangan sebelah luar ). Rasakan denyut yang dihasilkan dan hitung denyutan selama 30 detik. Hasil di kalikan 2 untuk hasil permenit.

2. Cortoid Pulse Rate

Sentuh daerah leher di bawah telinga dan rahang. Jangan menekan terlalu kuat, karena penekanan kuat arteri Carotid setinggi Cartilago Thyroid dapat menyebabkan evek hambatan pada kerja jantung. Rasakan denyut yang dihasilkan dan hitung denyutan selama 30 detik, hasilnya kalikan 2 untuk hasil permenit.

3. Stethoscope Heart Rate

Tempelkan tangkai pendengaran di lubang telinga dimana ujung tangkai menghadap ke luar dan letakkan dataran bulat stethoscope di tengah bawah Sternum dibagian kiri dada.Rasakan denyut yang dihasilkan dan hitung denyutan selama 30 detik, hasilnya kalikan 2 untuk hasil permenit.

Contoh Hasil Pengukuran

NO

PROBANDUS

USIA

HASIL PENGUKURAN

RADIAL

CORTOID

STETHOSCOPE

1

INSAN

22

78

78

78

 1. Mengukur Denyut Nadi Maksimal

Rumus : 220 – Usia

220 – 22 = 198

2. Mengukur Prosentasi Aktivitas

Rumus : Denyut Nadi Aktivitas / Denyut Nadi Maksimal  x 100 %

= 92 / 198  x 100

= 46,5 %

Untuk Mengukur Recoveri setelah aktivitas atau seberapa cepat pengembalian denyut jantung normal dapat dihitung setelah beristirahat selama 5 menit dan mulai menghitung denyut nadi lagi.

Contoh : Setelah beraktivitas denyut nadi Insan 92 / menit. setelah dia istirahat 5 menit, denyut nadi Insan dihitung kembali dan hasilnya 80 per menit mendekati denyut nadi normal 78 permenit.

Jadi Recoveri Insan Cukup bagus karena setelah beraktivitas Insan mampu mengembalikan denyut nadi normal dengan baik.

Sumber : Praktek Laborat Olahraga dan Kesehatan ( Drs. Tri Rustiadi, M.Kes ) :P

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 14 April 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Komentar Anda di sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: