RSS

Bagaimana Cara Mengukur Tinggi dan Berat Badan Ideal ?

14 Apr

Disini saya akan mencoba Memberikan Jawan untuk pertanyaan di atas !!!

A. Pengukuran Tinggi Badan

Tulang rangka manusia merupakan bangunan tubuh yang memberi bentuk dan sebagai penyangga tubuh. Tulang tumbuh karena adanya lapisan pertumbuhan karena adanya lapisan pertumbuhan tulang ( Epifise dan Diafise ) pada bentuk tulang panjang. Tingkat kematangan / pertumbuhan tulang ditandai dengan bersatunya Epifise dan Diafise dimana Epifise distalis bersatu pada usia 17-19 tahun, sedangkan Epifise lateralis bersatu pada usia 19-20 tahun.

Alat : Pengukur Tinggi Badan

Cara Mengukur tinggi badan :

1. Lepas sepatu atau alas kaki.

2. Berdiri tegak, pandangan lurus kedepan, telapak kaki menapak pada alas

3. Ukur tinggi badan mulai dari tumit sampai puncak tengkorak dengan tongkat pengukur.

4. Catat Hasil Yang ditunjukan tongkat pengukur dalam satuan ( cm ).

B. Pengukuran Berat Badan

Ada beberapa cara mengukur berat badan seseorang. Salah satu yang paling sederhana adalah dengan menimbang berat badan dengan menggunakan alat timbangan berat badan yang dinyatakan dalam satuan kilogram ( kg ).

Berat badan sebenarnya ditentukan oleh jumlah cairan, kadar lemak, protein, dan mineral yang ada pada tubuh manusia ( -+ 60% ).  Berat badan tubuh juga ini juga dipengaruhi oleh usia dan kegitan fisik serta temperatur tubuh.

Alat : Timbangan Badan

Langkah Pengukuran :

1. Lepas alas kaki, jam tangan dan pakean luar.

2. Sesuaikan jarum penunjung timbangan hingga sejajar angka nol kg.

3. Naik keatas timbangan dan berdiri ditengah-tengah.

4. Catat hasil angka yang ditunjukan jarum penunjuk dalam satuan kg.

RUMUS BERAT BADAN IDEAL

( TB – 100 ) – 10% ( TB – 100 )

Contoh :

Berat Tubuh Ideal

Tinggi Badan Bangkit : 165 cm

Berat Badan Bangkit  : 49 kg

R = ( TB – 100 ) – 10 % ( TB – 100 )

( TB -100 ) – 10 % ( TB – 100 )

= ( 165 – 100 ) – 10 % ( 165 – 100 )

= ( 65 ) -10 % ( 65 )

= 65 – 6,5

= 58,5 kg

Kesimpulan :

Bahwa berat badan Bangkit TIDAK IDEAL, karena berat badan Bangkit sekarang adalah 49 kg. Seharusnya Berat Badan Bangkit dinyatakan ideal adalah 58,5 kg.

catatan : Dinyatakan Berat Ideal, Apabila Berat Badan Minimal Kuran 1 kg dari berat yang sudah dihitung atau Maximal Lebih 1 kg dari berat yang sudah dihitung.

Dari Contoh diatas Apabila Berat Bangkit dinyatakan IDEAL, Bangkit harus menambah Beratnya hingga 57,5 – 59,5 kg.

Sumber : Praktek Laborat Olahraga dan Kesehatan ( Drs. Tri Rustiadi, M.Kes ) :P

About these ads
 
4 Komentar

Ditulis oleh pada 14 April 2012 in Uncategorized

 

4 responses to “Bagaimana Cara Mengukur Tinggi dan Berat Badan Ideal ?

  1. orang

    20 Januari 2013 at 6:24 am

    apa nggak jadi agak gendut kalo tinggi 160an berat badan sampe 58 kilo?

     
  2. reed

    26 Februari 2013 at 11:55 am

    klo 160cm y idealnya 54 kg mas….

     
  3. 099ednsct

    22 April 2013 at 12:35 pm

    Reblogged this on 099ednsct's Blog and commented:
    Temukan berat badan ideal anda.!^^

     
  4. tanza furia

    3 Desember 2013 at 8:57 am

    klu menurut saya sih gendut tuh tinggi 160cm berat 54kg, saya tinggi 157.8cm berat 47kg klu difoto aja udah kliatan banget gendut, haha tapi ya masing2 orang kan beda2 y, ada yg seneng badannya berisi ada yang seneng langsing.

     

Tinggalkan Komentar Anda di sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: